Penyakit Hernia Sangat Mengganggu Fisik

IMG_15_21_02_09_23_14_edit

Menurut para ahli, hernia biasanya diderita oleh pekerja yang mengangkut benda-benda berat seperti kuli bangunan atau kuli angkut. bisa juga diderita oleh orang yang mengejan terlalu kuat seperti meniup banyak balon atau meniup alat musik seperti terompet dan saxophone. Hernia adalah turunnya usus ke selaput perut, untuk pria bisa sampai ke kantung buah zakar. Turunnya bagian usus ini membuktikan bahwa penyakit hernia sangat menggangu antara lain seperti daerah selangkangan. Pria memiliki resiko lebih besar menderita hernia. Bukan berarti wanita tidak dapat menderita penyakit ini, hanya saja resikonya masih tipis. Beberapa kasus menunjukan bahwa anak-anak juga dapat menderita hernia. Biasanya penderita hernia ini dapat disembuhkan dengan jalan operasi.
Resiko kemunculan hernia sebenarnya tidak hanya di bagian selangkangan saja, tetapi dapat terjadi di seluruh bagian perut dan bagian bawah perut. Karena itu, para ahli kedokteran menjelaskan bahwa secara umum penyakit hernia, terutama pada bagian perut. Jadi, pengertian diatas hanya untuk salah satu jenis hernia saja karena jenis hernia ini beragam, diantaranya
Hernia Inguinalis
Jenis hernia ini yang paling banyak diderita oleh pria, yaitu munculnya usus dari bagian abdomen bawah ke selangkangan.
Hernia Umbilikus
Untuk jenis ini, usus keluar melalui bagian perut yang biasanya dekat pusar.
Hernia Femoralis
Yaitu munculnya jaringan lemak atau usus ke bagian bawah selangkangan atau paha atas bagian dalam.
Hernia Insisi
Hernia dapat merusak organ tubuh jika anda baru saja melewati proses operasi. Hernia Insisi ini muncul di luka operasi yang belum sembuh. Dan harus dilakukan operasi ulang yang lebih rumit untuk mengatasi hernia dan mengatasi luka operasi sebelumnya.
Hernia Hiatus
Pada hernia ini, usus mencul di daerah rongga dada. Ada bagian perut yang masuk dari celah diafragma untuk menuju ke bagian dada.
Hernia Spigelian
Yaitu munculnya usus di bagian bawah pusar, antara pusar dengan organ intim. Usus ini melewati otot perut bagian samping kemudian sampai di bawah pusar.
Hernia Epigastrik
Jenis hernia ini adalah munculnya jaringan lemak dari abdomen ke bagian perut antara tulang dada bawah dengan pusar.
Hernia Otot
Jenis hernia ini berbeda dengan jenis hernia diatas. Bukan jaringan lemak atau usus yang mencuat ke organ tubuh lain, melainkan otot. Seperti namanya, hernia ini adalah munculnya otot yang mencuat keluar dari abdomen. Hernia otot juga sering diderita atlet yang mengalami cedera otot di bagian kaki.
Karena penyakit yang menganggu manusia ini, maka dokter akan menyarankan operasi untuk penderitanya. Namun, tidak semua jenis hernia perlu dioperasi. Hernia ambilikus dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus melewati proses operasi. Hernia hiatus yang belum terlalu parah juga dapat diobati dengan jenis obat-obatan tertentu.
Dalam keputusan operasi hernia ini perlu diperhatikan beberapa faktor untuk keamanan dan keselamatan penderita. Faktor-faktor tersebut antara lain,
Letak hernia
Hernia yang perlu dioperasi adalah hernia yang muncul dibagian selangkangan seperti hernia femoralis karena efeknya lebih banyak dan lebih merugikan dibanding jenis hernia yang muncul dibagian perut.
Isi hernia
Kebanyakan kasus hernia adalah munculnya usus ke bagian tubuh lain. Selain usus, isi hernia juga dapat berupa otot atau jaringan lain. Setiap jenis isi hernia memiliki resiko yang berbeda-beda. Untuk itu, proses operasinya juga akan berbeda karena bahayanya penyakit hernia ini yang dapat menggangu penampilan fisik anda.
Dari ulasan diatas, disarankan kepada kita untuk megubah kebiasaan seperti mengangkat barang berat dan mengejan terlalu kuat. Gunakan alat bantu seperti troli untuk meringankan pekerjaan berat kita.