Deteksi Dini Penyakit Hernia

IMG_23_18_02_01_24_48_edit

Pernahkah kamu mendengar penyakit Hernia? Yah, penyakit  Hernia adalah suatu keadaan yang terjadi disebabkan oleh adanya isi dari rongga tubuh yang keluar dan dapat mengakibatkan  tonjolan  pada daerah tempat mereka biasanya terkandung. Penyakit hernia ini ada yang memiliki gejala dan ada yang tidak. Banyak hernia yang tidak memiliki gejala /asimptomatik, namun  penyakit hernia dapat merusak organ tubuh lainnya. Gejala dari hernia ini berpotensi memiliki resiko  memotong  aliran suplai darah. Keadaan dimana ketika tonjolan dari gejala hernia  ini keluar  dapat menyebabkan tekanan yang cukup sehingga pembuluh darah pada lokasi  anatomis yang terkena hernia  akhirnya menjadi terbatas suplai darahnya, bahkan disaat keadaan tertentu suplai darah tersebut akan terputus.
Penyakit Hernia ini pada umumnya dialami oleh pria, namun kadang kala ditemukan pula pada wanita. Penyakit ini tidak memandang usia. Semua usia bisa saja mengalami penyakit ini. Penyakit hernia ini ditandai dengan usus yang menurun melewati lubang locus minoris. Apabila ada tekanan besar  maka usus tersebut akan keluar lewat lubang itu. Jika hal ini terus menerus terjadi dan dibiarkan saja, maka akan dapat sangat berbahaya dikarenakan usus ini akan menurun, terperangkap, lalu terjepit dan  bisa mejadi penyakit yang berat.
Perlu kita ketahui, beberapa penyebab penyakit hernia, diantaranya adalah sebagai berikut :
Terlalu banyaknya mengeden saat buang air besar, bisa menyebabkan otot  dinding perut melemah dan dapat memicu terjadinya penyakit hernia.
Obesitas atau kelebihan berat badan
Terlalu sering berdiri atau berdiri dalam waktu yang lama
Terlalu sering mengangkat beban
Sering hernia ditemukan pada bayi dan balita, hal ini bisa disebabkan oleh cacat bawaan sejak lahir atau dikandungan ibu. Pada bayi biasanya ditandai dengan benjolan yang terjadi pada bagian pusar.
Penting pula untuk kita ketahui gejala-gejala apakah yang sering muncul pada  orang yang memiliki penyakit ini, karena cukup bahayanya penyakit hernia dapat merusak organ tubuh,  berikut diantaranya :
Penderita sering mengalami rasa nyeri dibagian perut bawah
Timbulnya rasa sakit seperti ada tekanan di perut saat sedang batuk, mengejan, dan mengangkat beban berat.
Apabila diraba terasa ada benjolan  disekitar selangkangan atau perut bawah.
Benjolan akan semakin terlihat besar apabila pada posisi berdiri dan saat  tekanan diperut mengalami peningkatan.
Untuk hernia yang berat, tonjolan  bisa masuk kedalam skrotum .
Kadang rasa sakit disertai dengan demam.
Usus yang terjepit dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan mual atau muntah.
Kadang munculnya rasa nyeri dibarengi  ganguan pencernaan, bisa mual, muntah, sembelit/diare .
Adanya perasaan tidak nyaman atau berat di usus pada saat membungkuk.
Benjolan akan tidak tampak ketika penderita berbaring.
Setelah kita ketahui beberapa gejala dari penyakit hernia tersebut, dapat kita amati bahwa hernia dapat mengganggu kerja organ tubuh lainnya yaitu organ pencernaan yang bisa berakibat pada kelainan usus, lambung dan keadaan tidak nyaman di bagian perut. Hernia juga bisa mengakibatkan kerusakan otot apabila dibiarkan terus menerus. Selain itu pada kasus hernia berat bisa mengakibatkan kelainan alat kelamin pada pria .
Demikianlah informasi tentang penyakit hernia, Deteksilah sejak dini penyakit hernia ini sebelum berakibat yang lebih fatal lagi, karena kita telah ketahui  penyakit hernia dapat merusak organ tubuh. Dengan deteksi lebih awal maka pencegahan akan dapat dengan mudah dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.  Salam sehat.